Perulangan String Memakai StringOfChar

Saat kuliah, saya sering diberi latihan logika oleh dosen. Saya baru mengenal Delphi, sehingga logika saya masih berbelit-belit. Salah tugas dosen saya adalah membuat gambar dibawah ini dengan menggunakan fungsi For. Dengan fungsi biasa, memang tugas ini dapat diselesaikan dengan mudah. Tetapi dengan fungsi built-in StringOfChar(), penulisan program ini lebih sederhana lagi.


Peringah StringOfChar digunakan untuk mengulang string sebanyak yang dimasukkan lewat parameter. Sintaknya adalah:

StringOfChar(Karakter, JumlahPerulangan)

Karakter adalah sembarang yang mungkin, contoh: huruf, tanda baca, atau kode ASCII.
Jumlah perulangan adalah "seberapa banyak karakter tersebut digandakan:"

Sebagai contoh. Algoritma dari tugas diatas saya pecahkan dengan cara seperti ini:

for i:= 1 to to 10 do begin
    for x := 1 to i do begin
       if x = i then 
             Writeln('*')
      else  
            Write('*');
    end; 
end;

Tetapi dengan StringOfChar, penulisannya menjadi lebih sederhana. Ini dia

for i:= 1 to to 10 do begin
    Writeln(StringOfChar('*', i));
end;

Perulangan String Memakai StringOfChar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.