Memasukkan File Lain Ke dalam File EXE

Buat apa kita memasukkan file lain ke dalam file Exe? Jawaban ini tergantung kreatifitas programmer. Kalau saya yang ditanya, jawaban dari saya bisa lebih dari satu. Saya sering menggunakan teknik ini untuk menyertakan file database beserta file executable-nya atau membuat file instalasi sendiri. Dengan adanya bantuan file resource semacam ini, saya cuma menyebarkan satu file saja ke pengguna aplikasi saya. File-file lainnya akan di hasilkan file exe tersebut secara mandiri.

Langkah-langkah berikut ini saya tempuh untuk memasukkan file lain ke dalam file exe. Dalam kasus di artikel ini, saya akan memasukkan file database Dataku.mdb ke file exe Beli.exe.

Disamping kedua file yang telah saya sebutkan tadi, kita masih membutuhkan file brcc32.exe milik Delphi. Pade Delphi 2009, Anda akan menemukan file tersebut di direktori  Program Files\CodeGear\RAD Studio\6.0\bin. Pada Delphi 7, Anda akan menemukan di C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin.

Langkah-langkah


  1. Tempatkan file brcc32.exe bersama file Dataku.mdb dalam satu folder
  2. Buat file text. Beri ekstensi file dengan RC. Contoh: dataku.RC  .Ketik baris berikut:

    FileDatabase RCDATA "Dataku.mdb"
  3. Masuk ke dalam Windows Console. Anda dapat melakukannya dengan mengetik cmd di kotak RUN pada tombol START di sebelah kiri bawah bar.

    Pada Windows XP




    Pada Windows 7




  4. Masuk ke direktori tempat Anda meletakkan brcc32.exe, Dataku.mdb dan file resource, dataku.RC
  5. Ketik brcc32 dataku.RC





  6. Anda akan mendapatkan file dataku.RES. Tempatkan file dataku.RES di direktori tempat project program Anda berada.
  7. Buka source code aplikasi yang akan mengeluarkan file Dataku.mdb. Cari tulisan seperti  {$R *.dfm} tambahkan menjadi:

    {$R dataku.RES }
  8. Kompile program Anda. Sekarang file Dataku.MDB akan ikut serta dalam file EXE. 
  9. Jika Anda males mengkompile file RC menjadi file RES. Anda dapat juga melakukan cara yang lebih singkat dengan menuliskan kode berikut di bagian $R, menjadi

    {$R 'Dataku.res' 'Dataku.RC' }

    Jika Anda menggunakan teknik ini, maka Anda harus men-disable Enable runtime themes. Pada Delphi 2009, kotak centang ini terletak di menu Project >> Options. Pilih pilihan Application.



Langkah-langkah berikut adalah cara mengeluarkan Dataku.MDB dari dalam File Dataku.exe

  1. Saya biasanya membuat fungsi ekstrak file resource tersendiri seperti di bawah ini

    function EkstrakData(KodeNama, NamaFile: String): Boolean;
    var
        RS : TResourceStream;
        FS : TFileStream;
    begin
        Result := True;
        RS := TResourceStream.Create(0,KodeNama,RT_RCDATA);
        try
           FS := TFileStream.Create(NamaFile, fmCreate);
           try
               FS.CopyFrom(RS,0);
           finally
               FS.Free;
           end;
        except
           On E:Exception do
           begin
               ShowMessage(E.Message);
               Result := False;
           end;
        end;
        RS.Free;
    end;
  2. File Fungsi tadi akan dipanggil dibagian lain program. Dalam kasus file database seperti contoh saya ini, biasanya saya menginginkan Dataku.mdb akan ada saat file exe dipanggil. Dengan demikian, saya meletakkannya di bagian OnCreate milik form utama

    EkstrakData('FileDatabase', 'Dataku.mdb');

Memasukkan File Lain Ke dalam File EXE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

1 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.