Menyimpan Data Tipe Tanggal pada Database


Saya sering melihat di grup Medsos, semacam FB, bahwa ada programmer yang kebingungan menyimpan data tipe TDateTime. Saya bisa mengerti, karena saya pernah mengalaminya. Dalam hubungannya dengan TDateTime, database MySQL adalah database yang paling mudah dalam urusan ini. Anda dapat menyimpannya dalam bentuk string dengan format yang sama pada setiap komputer. Namun diluar database ini, urusannya jadi panjang. Sebagai contoh, jika kita menyerahkan urusan tanggalan ke Windows, maka kita harus memperhatikan setting region di komputer ini. Wah, ini merepotkan. Dan saya tidak mau repot.

Cukup lama saya menyadari bahwa Delphi canggih dalam hal ini. Dengan hanya memakai teknik ini, maka memasukkan TDateTime ke berbagai database, caranya ya itu-itu saja. Cara itu adalah dengan menggunakan parameter.

Sebagai contoh, saya cuplikkan perintah query yang pernah saya buat:

with Adoquery1 do begin
     Close;
     SQL.Clear;
     
     SQL.Add(
          'insert into DataPegawai(NoPegawai, NamaPegawai, TglLahir)'
                   ); 

     SQL.Add(
           'values(:NOPEGAWAI, :NAMAPEGAWAI, :TGLLAHIR)'
                   );
     
    with parameters do begin
         parambyName('NOPEGAWAI').value :=  
              trim(edtNoPegawai.Text);

         parambyName('NAMAPEGAWAI').value :=  
              trim(edtNamaPegawai.Text);

         parambyName('TGLLAHIR').value := 
              dtTglLahir.Date;
    end;

    ExecSQL;
end;

Seperti Anda lihat, saya memasukkan data tipe tanggal melewati komponen bertipe tanggal secara langsung. Biar Delphi sendiri yang mikir bagaimana memasukkannya ke database. Value pada parameters diatas bertipe variant. Artinya, dia dapat diberi data dengan tipe apa saja. Nantinya Delphi sendiri yang memeriksa antara tipe data yang dimasukkan dengan tipe data pada fieldnya.

Menyimpan Data Tipe Tanggal pada Database Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.