Mengenal Tipe Data Pointer


Saat programmer mendeklarasikan sebuah variabel (peubah) di dalam program, maka program akan membuat sebuah lokasi memori untuk menyimpan data dengan alamat tertentu. Lokasi ini adalah lokasi yang tetap selama program berjalan. Sehingga, apabila tidak dipergunakan, lokasi tersebut tetap mengurangi jumlah memori secara keseluruhan.Delphi menyediakan tipe data lain untuk mengatasi kekurangan ini. Tipe data tersebut bernama pointer.

Pointer adalah penunjuk pada lokasi memori tertentu (dalam hal ini sama dengan variabel biasa), tetapi penunjukkan memorinya bisa diubah ke alamat lain (istilah kerennya dinamis). Jika penunjuk tadi tidak digunakan lagi, kita dapat menghapusnya dari memori dengan perintah dispose. Sedangkan membuat variabel pointer, saya memakai perintah new.
 
Sekarang marilah kita mempelajari lebih lanjut dengan contoh sederhana seperti berikut:

Saya akan membuat tipe data pointer bernama DaftarSiswa di dalam deklarasi type sebagai berikut dan menunjuk pada tipe record Siswa:

type

    DaftarSiswa = ^Siswa;


Kemudian saya akan membuat tipe data record sebagai berikut:

Siswa = record
              Nama : String;
              Alamat : String;
              Kelamin : Char;
           end; 



Pada bagian var, saya mendefinisikan suatu variabel yang menunjuk pada DaftarSiswa

var
  Form1: TForm1;
  DataMasuk : DaftarSiswa;


Saya beri satu tombol di form yang saya buat. Saat pengguna menekan tombol, saya membentuk variabel pointer dengan perintah new

new(DataMasuk);


Pada event click, saya memberikan data pada record siswa:

DataMasuk^.Nama := 'Prasetyo Sudibyo';
DataMasuk^.Alamat := 'Jl Karang Gayam 12';
DataMasuk^.Kelamin := 'P';


Untuk uji coba "apakah datanya masuk" maka saya mencoba mengeluarkan isi dari variabel pointer tadi ke kota TEdit

edit1.Text := DataMasuk^.Nama;
edit2.Text := DataMasuk^.Alamat;
edit3.Text := DataMasuk^.Kelamin;


dan disaat-saat terakhir, saya menghapus data pointer dari memori

dispose(DataMasuk);


Program Selengkapnya:
 

Mengenal Tipe Data Pointer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.