Membuat Class Sederhana

secara sederhana, class di Delphi didefinisikan sebagai berikut di dalam sebuah unit:

type
    namaclass  =  class(namaclassasal)

end;

setiap class dapat diturunkan dari class yang lain. Secara sederhana, class paling minim diturunkan dari class TObject. namaclass adalah identifikasi class yang Anda buat. Nama ini bisa apa saja. sehingga deklarasi diatas dapat dibuat menjadi:

type
    TUtama  =  class(TObject)

end; 

biasanya, karena class minimal adalah TObject, maka jika tidak disebutkan, secara otomatis class asalnya adalah TObject, seperti contoh berikut:

type
    TUtama  =  class

end; 

Jika deklarasi diatas dimasukkan ke dalam sebuah unit, maka penampakannya menjadi seperti ini:




Program diatas dapat Anda compile tanpa kesalahan.Tetapi tentu saja jika dijalankan, tidak menghasilkan apa-apa karena sekedar deklarasi class. Sekarang kita akan membuat perkalian dua bilangan dengan sistem class seperti ini.

Field
Kita akan membuat apa yang disebut Field. Ini adalah semacam variabel internal di dalam class, sehingga pihak diluar class tidak dapat mengaksesnya.Jika ingin mengisinya dari luar class, maka kita harus membuat procedure tersendiri.

Field-field untuk contoh program disini adalah:

perkalian, angka1, angka2 : integer;

Property
Field  perkalian, angka1, angka2  tidak bisa diakses langsung oleh program diluar class, sehingga harus dibuatkan property. Tugasnya, adalah memberitahu class agar menganggap perkalian sebagai isi dari variabel internal bernama hasil, sehingga user dapat mengaksesnya melalui field hasil.

property hasil: integer read perkalian;

Method
Dapat dikatakan method mirip fungsi dalam sistem pemrograman yang lama. Segala operasi dilakukan oleh method. Dalam contoh ini, method adalah mengalikan bilangan dari pemanggil dan meletakkan hasilnya dalam field perkalian. Selanjutnya isi dari perkalian dapat diakses oleh pemanggil di field hasil akibat property.

Private, Protected, Public, Published
Hak akses atas pernak-pernik di class dapat diatur oleh pembuat class.
Jika diinginkan bahwa anggota class itu hanya dapat diakses oleh class itu sendiri, maka harus dibuat private. Dalam program ini, saya membuat perkalian, angka1, dan angka2 sebagai private, karena field-field ini hanya diperuntukkan untuk operasi di class ini sendiri. sedangkan property hasil saya buat menjadi public (bisa juga published). Dengan demikian property saya dapat diakses di luar class saya sendiri. Perbedaan public dan published adalah, anggota yang published akan muncul di object inspector di IDE Delphi.

Jika Anda menginginkan beberapa anggota class dapat diakses baik di class itu dan subclass-nya, maka Anda dapat membuatnya menjadi protected.

Oke, deklarasi class selesai, berikutnya, agar class dapat dipakai, maka harus diinstankan terlebih dahulu. Pertama-tama deklarasikan variabel dengan tipe class itu:

var
  buat : TUtama;

Kemudian instankan class.

buat := TUtama.Create;

Saya mengisi angka-angka perkalian, sekaligus memrosesnya di class

 buat.setHasil(5,2);

Hasil dari operasi method dapat diakses di field hasil.

writeln('Hasil perkalian: ' +  IntToStr(buat.hasil));



Membuat Class Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.