Menangani Pembulatan Bilangan Pecahan di Delphi

Ada tiga jenis pembulatan bilangan pecahan di Delphi. Fungsi yang dipakai adalah Round, Floor, dan Ceil. Masing-masing menghasilkan bilangan yang berbeda. Mana yang Anda pakai tergantung kebutuhan. Jangan lupa untuk menyertakan unit yang mengatur ketiga fungsi ini, yaitu: Math di bagian uses, ya.

Round
Unit sytem

Anda masih ingat pembulatan yang diajarkan di sekolah. Jika nilainya adalah setengah atau lebih, maka akan dibulatkan ke atas. Jika kurang dari setengah, akan dibulatkan ke bawah. Pembulatan ini juga dikenal sebagai pembulatan Bank. Nah jenis pembulatan ini memakai fungsi Round.

sintaks:

Round(bilangan: extended): int64;
 
Ceil
Unit Math

Anda pernah membeli barang dengan harga yang sulit seperti,  74.400. Uang 600 sukar didapatkan, sehingga si penjual akan menganggap harga barang kita dengan 75000 (sama juga bohong harganya). Jadi berapapun nilainya, mereka selalu membulatkan ke atas (ya iyalah, kalau ke bawah kan rugi.). Pembulatan seperti ini menggunakan perintah Ceil di Delphi.

sintaks:
function Ceil(const X: Extended): Integer;

Floor
Unit Math

Namanya saja lantai (floor), maka pembulatan ini jelas ke bawah. Gunanya? Bisa digunakan untuk statistik  Misal, setiap 6.5 orang dari 10 di Surabaya kecanduan game. Tentu saja tidak mungkin ada 6.5 orang, jadi bisa saja dibulatkan menjadi 6 saja.

sintaks:
function Floor(const X: Extended): Integer;


Contoh program:
Writeln('Ceil 100.6 = ', ceil(100.6));
Writeln;

Writeln('Ceil 100.4 = ', ceil(100.4));
Writeln;

Writeln('Floor 100.6 = ', floor(100.6));
Writeln;

Writeln('Floor 100.4 = ', floor(100.4));
Writeln;

Writeln('Round 100.6 = ', round(100.6));
Writeln;

hasilnya:


Menangani Pembulatan Bilangan Pecahan di Delphi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.