Membuat Obyek TComboBox Secara Pemrograman

Sebelum melakukan pemrograman dibawah ini, tulis StdCtrls di deklarasiunit karena Class TComboBox berada di unit tersebut.

uses
    ......StdCtrls;


Saya akan meletakkan kode pemrograman pembuatan obyek TComboBox di OnCreate milik Form. Saya meletakkan di bagian ini karena saya menginginkan obyek TComboBox langsung terlihat oleh pengguna.

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
var
    cb : TComboBox;
begin
    cb := TComboBox.create(self);
    with cb do
    begin
    parent := self;
    top := 10;
    left := 10;
    width := 100;
    height := 30;
  end;
end;




TComboBox adalah class untuk membuat combo box di Delphi. Untuk mengimplementasikan class ini, kita perlu membuat variabel untuk meng-instankan class di memori. Saya memakai varibel cb sebagai instan class TComboBox. Anda dapat meletakkan dimana saja, misal di bagian private atau public. Alasan saya meletakkan di OnCreate, karena di artikel ini, variabel cb tidak diakses di bagian lain, kecuali di OnCreate.

Kita harus menentukan sendiri jarak dari atas (Top), jarak dari kiri (Left), lebar (Widht), dan tinggi (Height) sebab pembuatan obyek tidak dilakukan otomatis oleh Windows.

Property parent dipergunakan untuk memasangkan obyek TComboBox pada containernya. Karena di artikel ini saya hanya menggunakan TForm dan TComboBox saja, maka self tidak lain adalah Form itu sendiri. Jangan lupa mengatur parent dari obyek. sebab jika tidak, kita tidak dapat melihat obyek combo box-nya.

Untuk mengisi combo box, kita menggunakan property items.Add. Dibawah ini, saya mengisi combo box tersebut dengan tiga isian: Nasi goreng, Fuyung Hay, Ikan Bakar. Sehingga kode program pada OnCreate menjadi seperti dibawah ini:

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
var
     cb : TComboBox;
begin
    cb := TComboBox.create(self);
    with cb do
    begin
    parent := self;
    top := 10;
    left := 10;
    width := 100;
    height := 30;

    Items.Add('Nasi goreng');
    Items.Add('Fuyung hay');
    Items.Add('Ikan Bakar');
  end;
end;


Sampai disini, jika Anda mengkompile program, maka program akan berjalan dengan mulus. Tetapi Anda pasti melihat bahwa combo box ternyata tidak secara otomatis terisi dengan salah satu isiannya. Bagaimana cara melakukannya?

Tambahkan bagian.

ItemIndex := 0;

ItemIndex dipergunakan untuk memberitahukan kepada combo box index data yang akan ditampilkan. Index pada combo box dimulai dengan 0. Sehingga pada program ini, kita bisa memilih dari index 0 sampai jumlah isi - 1: yaitu 0,1,2.

Untuk membuat agar combo box terlihat flat, kita dapat memakai property BevelKind. Ada empat pilihan pada BevelKind, yaitu bkNone, bkTile, bkSoft, bkFlat. Agar flat pilihlah bkFlat, sehingga keseluruhan program akan menjadi:




Membuat Obyek TComboBox Secara Pemrograman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.