Meletakkan Gambar di Form dengan TBitmap

Setiap komponen yang mengandung TCanvas dapat kita gambari. Termasuk form. Kita dapat meletakkan gambar pada form. Yang pertama-tama harus kita ketahui adalah: warna-warna pixel disimpan dalam bentuk bit. Semakin tinggi bit, semakin baik warna yang dapat ditampilkan. Dengan demikian kita harus tahu terlebih dahulu bit yang beroperasi pada komputer itu.

var
    Context : HDC;
    JumlahBitPerPixel : integer;
    i, x : integer;
begin
    Context := GetDC(Application.Handle);
    JumlahBitPerPixel := GetDeviceCaps(Context, BitsPixel);
    case JumlahBitPerPixel of
      8 : JenisPixel := pf8Bit ;
      16 : JenisPixel := pf16Bit ;
      24 : JenisPixel := pf24Bit ;
      else  JenisPixel := pf32Bit ;
    end;
end;

Seperti kita lihat pada contoh diatas, bit-bit yang mungkin beroperasi adalah 8, 16, 24, 32. Begitu kita mendapat bit yang beroperasi, kita menyimpannya di variabel JenisPixel yang bertipe integer. Nilai ini akan dipakai pada property PixelFormat milik TBitmap.

Jika Anda ingin tahu perbedaan PixelFormat, load gambar yang bagus (banyak warna) dan set dengan pixel rendah. Gambar Anda akan jelek karena tidak semua warna muncul.

Kemudian kita ambil gambar dari folder dan diletakkan diobyek TBitmap. Di program contoh, saya asumsikan gambar satu folder dengan file exe saya. Apabila tidak, Anda harus memberikan letak folder secara jelas.

var
   Bitmap : TBitmap;
begin
Bitmap := TBitmap.create;
 try
        with bitmap do begin
           LoadFromFile('minion.BMP');

Kemudian, kita setting agar panjang dan tinggi form sesuai dengan ukuran gambar:
Form1.ClientHeight := Height;
Form1.ClientWidth := Width;

lantas kita gambar isi variabel bitmap ke form:
Form1.Canvas.Draw(0,0, bitmap);




Program Selengkapnya:

Meletakkan Gambar di Form dengan TBitmap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.