Aplikasi Alamat Teman (Bag 1: Tata Letak)

Pada bab, saya akan mencoba menuliskan pengalaman saya dalam membuat aplikasi berbasis database. Aplikasi membuat alamat teman ini saya pilih sebab mempunyai bentuk yang sederhana dan lebih mudah untuk dipahami. Sehingga nantinya dalam membuat aplikasi yang lebih besar tidak akan menemui kesulitan.

Untuk membuat aplikasi di delphi anda dapat memilih menu File->Application. Setelah klik, anda akan mendapatkan sebuah form. Simpan project anda menu File->Save All. Beri nama file pas dengan nama unitOlahData, dan file project (.dpr) dengan nama alamat. Sampai sejauh ini anda akan mendapat beberapa file pada direktori tempat anda menyimpan. File tersebut adalah: teman.cfg, teman.dof,teman.dpr,teman.res,unitOlahData.dfm,unitOlahdata.pas. Untuk menyingkat waktu saya tidak akan menerangkan maksud dari file-file yang terbentuk tersebut. Saya akan langsung melangkah ke pembuatan aplikasi teman.

Pada saat anda menyimpan semua project, maka file unitOlahData.pas akan mempunyai tampilan sebagai berikut:

unit Unit1;
interface
uses Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs;
type
TForm1 = class(TForm)
private { Private declarations }
public { Public declarations }
end;
var Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
end.

tambahkan pada bagian uses unit ComCtrls. Sehingga uses mempunyai daftar sebagai berikut:
uses Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs, ComCtrls;

buat prosedur baru dengan nama SetObyek dan letakkan pada bagian private. Kemudian buat isi dari prosedur tersebut sebagai berikut:
procedure TFormOlahData.SetObyek;
begin
Self.Caption := 'Aplikasi Teman Ver 1.0';
{
Membuat status bar untuk diletakkan dibawah form.
Status bar ini akan dipakai untuk menampilkan kata tambah dan edit
pada saat manipulasi data
}

stbarKeterangan := TStatusBar.Create(Self);
stbarKeterangan.Parent := Self;
stbarKeterangan.Panels.BeginUpdate;
stbarKeterangan.Panels.Add;
stbarKeterangan.Panels[0].Width := 50;
stbarKeterangan.Panels[0].Bevel := pbRaised;
stbarKeterangan.Panels[0].Text := 'Status';
stbarKeterangan.Panels.Add;
stbarKeterangan.Panels.EndUpdate;
end;


pada saat menjalankan aplikasi ini anda pasti akan menjumpai kesalahan: Undeclared identifier 'stbarKeterangan'. Ya benar kita belum mendeklarasikan variabel strbarKeterangan. Kita deklarasikan strbarKeterangan pada bagian var, sehingga bagian var sekarang berbentuk:

var
FormOlahData : TFormOlahData;
barKeterangan : TStatusBar;

pada saat kompiler mengeksekusi baris perintah:

stbarKeterangan := TStatusBar.Create(Self);

maka instan dari obyek TCoolBar yang bernama strbarKeterangan akan dibuat di memori. Kata-kata self menyatakan bahwa self bertanggungjawab terhadap strbarKeterangan. Tanggung jawab ini adalah menghapus alokasi memori yang digunakan obyek strbarKeterangan apabila self dihapus dari memori. Kata self mengacu pada form tempat obyek strbarKeterangan diletakkan. Dalam hal ini adalah FormOlahData. Jadi, jika FormOlahData dihapus dari memori, maka itu sama saja dengan menghapus obyek-obyek yang menjadi tanggung jawab FormOlahData. Jalankan Run atau F9, maka tampilan yang akan kita dapatkan adalah sebagai berikut:
Sekarang kita akan mencoba menambahkan beberapa tombol untuk mengatur aplikasi. Tombol yang akan kita tambahkan adalah: Tambah, Edit, Batal, Tutup. Untuk membuat tombol tersebut kita membutuhkan tiga komponen visual tambahan. Komponen tersebut adalah: TCoolBar, TToolBar, dan TToolButton. Semua komponen ini sudah termasuk dalam unit ComCtrls. Tambahkan kode berikut pada prosedur SetObyek:


{------------------------------------------
Membuat kontainer toolbar
sebagai tempat toolbar dan toolbar button
-------------------------------------------}
cbarTombol := TCoolBar.Create(self);
cbarTombol.Parent := Self;
cbarTombol.EdgeInner := esRaised;
cbarTombol.EdgeOuter := esRaised;
cbarTombol.AutoSize := True;
{-------------------------------------------------
Sebelum membuat tombol pada toolbar,
kita harus membuat toolbar-nya terlebih dahulu.
--------------------------------------------------}
tbarTombol := TToolBar.Create(Self);
tbarTombol.Parent := cbarTombol;
tbarTombol.EdgeInner := esNone;
tbarTombol.EdgeOuter := esNone;
tbarTombol.AutoSize := True;
//--> Agar Caption tombol dapat dilihat
tbarTombol.ShowCaptions := True;
{---------------------------------
Deklarasi tombol pada toolbar
----------------------------------}
tbTutup := TToolButton.Create(Self);
tbTutup.Caption := '&Tutup';
tbTutup.Parent := tbarTombol;
tbBatal := TToolButton.Create(Self);
tbBatal.Caption := '&Batal';
tbBatal.Parent := tbarTombol;
tbEdit := TToolButton.Create(Self);
tbEdit.Caption := '&Edit';
tbEdit.Parent := tbarTombol;
tbTambah := TToolButton.Create(Self);
tbTambah.Parent := tbarTombol;
tbTambah.Caption := '&Tambah';


Sebelum membuat tombol manipulasi data, maka kita membuat dua hal terlebih dahulu. Pertama: membuat kontainer dari toolbar dengan tcoolbar, kemudian membuat toolbar, baru setelah itu membuat tombol dengan toolbutton. Seperti biasa sebelum membentuk instan dari obyek, kita membuat variabel yang mengacu pada instan obyek. Tambahkan variabel berikut pada bagian deklarasi var:
cbarTombol : TCoolBar;
pada kode program berikut:
cbarTombol := TCoolBar.Create(Self);
kita mendefinisikan instan obyek dan menyerahkan pada variabel cbarTombol. Pada saat kita membuat sebuah obyek ada beberapa hal yang harus diingat. Pertama: siapakah yang bertanggung jawab terhadap obyek tersebut, kedua: siapakah yang menjadi kontainer dari obyek tersebut. Pada instan cbarTombol, kita menyerahkan tanggung jawab komponen pada self, yaitu form FormOlahData dan kontainer-nya adalah self juga. Sebab kita meletakkan cbarTombol langsung pada form. Maksud tadi dilaksanakan dengan kode program berikut:
cbarTombol.Parent := Self;
Pada kode program berikut:
cbarTombol.EdgeInner := esRaised;
cbarTombol.EdgeOuter := esRaised;
cbarTombol.AutoSize := True;

Kita berusaha membuat model layout. Kita medesain agar coolbar tidak terlihat secara jelas. Kita menggunakan coolbar agar toolbar nantinya mempunyai garis batas bagian kiri. property autosize di ubah ke True agar coolbar mengikuti bentuk toolbar yang akan dipasangkan kepadanya. Sementara kode program berikut:
tbarTombol := TToolBar.Create(Self);
tbarTombol.Parent := cbarTombol;

Akan membuat instan obyek dari toolbar dan menyerahkannya pada variabel tbarTombol. Sekali lagi self disini adalah FormOlahData. Sementara Parent dari tbarTombol adalah cbarTombol. Hal ini dibuat sebab toolbar tbarTombol diletakkan diatas komponen coolbar. Sekarang coba compile aplikasi kita, maka tampilannnya adalah sebagai berikut:


Sekarang saatnya memberi komponen yang dipergunakan untuk membuat pemasukan data. Ada dua label dan dua edit box. Data yang kita masukkan ada dua field, yaitu: Nama dan Alamat. Masukkan kode program berikut pada prosedur SetObyek.
{-----------------------------
Deklarasi tempat memasukkan data
------------------------------}
lblNama := TLabel.Create(self);
lblNama.Parent := Self;
lblNama.Top := 50;
lblNama.Left := 20;
lblNama.Caption := 'Nama';
edtNama := TEdit.Create(self);
edtNama.Parent := Self;
edtNama.Left := 75;
edtNama.Top := 50;
lblAlamat := TLabel.Create(self);
lblAlamat.Parent := Self;
lblAlamat.Top := 75;
lblAlamat.Left := 20;
lblAlamat.Caption := 'Alamat';
edtAlamat := TEdit.Create(self);
edtAlamat.Parent := Self;
edtAlamat.Left := 75;
edtAlamat.Top := 75;

Saat ini, jika anda meng-compile aplikasi, maka akan muncul tampilan berikut:
Jika anda masih bingung, silakan download source code untuk tutorial ini:
Source Code Tutorial Teman Bag 1

Aplikasi Alamat Teman (Bag 1: Tata Letak) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.