Aplikasi Alamat Teman (Bag 2: Koneksi Database)

Untuk memahami tutorial ini, alangkah baiknya jika anda membaca tutorial saya yang terdahulu, karena tutorial ini merupakan lanjutan dari bagian pertama. Apa yang sudah saya tulis di bagian pertama tidak saya bahas lagi disini.

Tutorial ini akan membahas koneksi database ke Microsoft Access. Saya menggunakan MS Access office 2003. Tutorial saya ini mengasumsikan anda sudah membuat database dengan nama: teman.mdb sehingga saya hanya akan menjelaskan koneksi data dari aplikasi teman.exe ke teman.mdb.

Tambahkan datamodule ke dalam aplikasi dengan cara: Pilih menu File->New->Data Module. Namakan datamodule yang terbentuk dengan dm. Tambahkan unit DB dan ADODB di bagian uses milik datamodule. unit DB dan ADODB kita butuhkan karena kita akan memakai TADOConnection. Kemudian tambahkan unit Forms. unit Forms kita butuhkan sebab kita akan memakai class TApplication yang memuat method: Application.ExeName.Tambahkan variabel adoKoneksi: TADOConnection pada bagian private. Sehingga bagian uses akan mempunyai daftar unit sebagai berikut:

Uses
SysUtils, Classes, DB, ADODB, Forms;

Karena kita menggunakan MS Access, maka koneksi yang akan kita lakukan adalah koneksi data model Microsoft. Ada berbagai cara koneksi database yang dibuat oleh Microsoft. Koneksi yang akan saya pakai adalah dengan menggunakan Jet OLE DB. Berikut ini akan saya tampilkan koneksi string selengkapnya:
Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;
User ID=Admin;
Password=Password;
Data Source=D:\Path\dbname.mdb;Mode=ReadWrite;
Extended Properties="";
Persist Security Info=False;Jet OLEDB:System database="";Jet OLEDB:Registry Path="";Jet OLEDB:Database Password="";
Jet OLEDB:Engine Type=5;Jet OLEDB:Database Locking Mode=1;Jet OLEDB:Global Partial Bulk Ops=2;
Jet OLEDB:Global Bulk Transactions=1;Jet OLEDB:New Database Password="";Jet OLEDB:Create System Database=False;
Jet OLEDB:Encrypt Database=False;
Jet OLEDB:Don't Copy Locale on Compact=False;Jet OLEDB:Compact Without Replica Repair=True;Jet OLEDB:SFP=False


Tidak semua perintah string diatas saya pakai, saya akan memakai yang benar-benar dipakai saja pada tutorial ini. Tambahkan variabel adoKoneksi: TAdoConnection pada bagian private. Klik dua kali pada form, maka anda akan dibawa pada method: DataModuleCreate. Tambahkan kode program berikut:
adoKoneksi := TAdoConnection.Create(Self); adoKoneksi.Close; adoKoneksi.Name := 'Koneksi';
adoKoneksi.ConnectionString := 'Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=' + ExtractFilePath(Application.ExeName) + 'teman.mdb;Persist Security Info=False;' + 'Jet OLEDB:Database Password=temanku';adoKoneksi.LoginPrompt := False;
adoKoneksi.Open;
pertama-tama sebelum menggunakan TAdoConnection, kita membuat instan dari obyek dan memberikannya pada variabel adoKoneksi:adoKoneksi := TAdoConnection.Create(Self);
obyek koneksi ado yang kita bentuk kita beri nama dengan adoKoneksi dengan sintak berikut:

adoKoneksi.Name := 'Koneksi';
Pastikan obyek dalam keadaan tertutup sebelum kita memberikan path database, sebab jika tidak akan terjadi error:
adoKoneksi.Close;
Database diasumsikan satu path dari file exe dari aplikasi kita, yaitu teman.exe sehingga mendapatkan path tempa file exe kita dengan perintah:
adoKoneksi.ConnectionString := 'Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=' + ExtractFilePath (Application.ExeName) + 'teman.mdb;Persist Security Info=False;' + 'Jet OLEDB:Database Password=temanku';

Kita mengasumsikan database tersebut mempunyai password temanku, sehingga aplikasi teman membutuhkan password jika akan mengakses database. Pada kondisi default, Koneksi Ado ini akan menampilkan kotak untuk memberitahukan kepada koneksi User dan password dari database yang akan dibuka. Namun karena user serta password dari database tersebut kita berikan lewat program, maka kita tidak memerlukan kotak dialog user dan password tersebut. Kita akan mematikan dengan perintah:
adoKoneksi.LoginPrompt := False;
Setelah pembuatan instan dan pemberitahuan tempat database telah selesai dilakukan, maka sekarang koneksi ke database teman.mdb dapat dilakukan dengan perintah:
adoKoneksi.Open;

Anda dapat download file tutorial ini di:
Source Code Tutorial Teman Bag-2

Aplikasi Alamat Teman (Bag 2: Koneksi Database) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

2 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.