Membuat Fungsi

Fungsi adalah bagian program yang dipanggil oleh bagian program yang lain. Tidak sekedar dipanggil, fungsi juga mengembalikan nilai ke program pemanggilnya.

Sebenarnya fungsi bisa digantikan oleh method di sistem OOP, tetapi penggunaan fungsi memang lebih simpel, lagipula Delphi memang bersifat hibrid, bisa OOP bisa juga struktural seperti bahasa lama.

fungsi didefinisikan sebagai berikut:

fungsi namaFungsi(parameter): nilaifungsi
begin
   result : nilaikembali;
end;

result adalah nilai yang dikembalikan oleh sebuah fungsi. Semua tipe data dapat dikembalikan melalui result.

 

Kita dapat memberikan parameter pada fungsi. Gunanya, parameter-parameter tadi dapat diolah sehingga sesuai keinginan program pemanggil. Ada dua jenis parameter yang dipakai fungsi. Pertama, passing by value. Parameter jenis ini hanya diisi oleh pemanggil untuk diberikan kepada fungsi. Apapun yang terjadi pada parameter itu tidak mempengaruhi nilai yang ada di pemanggil.




Program diatas akan saya ubah, dengan mendapatkan nilai Bil1 dan Bil2 dari user, kemudian memanggil fungsi perkalian untuk mengalikan Bil1 dan Bil2. Namun Bil1 dan Bil2 diterima A1 dan A2. Hasil dari perkalian dikembalikan ke pemanggil dengan:

result := A1 * A2;

Yang kedua, dinamakan passing by reference. Nilai parameter ini mempengaruhi pada program pemanggi. Variabel yang di-passing reference harus diberi kata var

Contoh berikut ini adalah modifikasi dari program diatas. Pada program diatas, hasil perkalian didapatkan dari result, sedangkan program berikut ini, nilai hasil didapatkan dari variabel var.



Membuat Fungsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

1 comments:

  1. Kalau function yg digunakan oleh kedua combobox bagaimana kak? Tolong dijawab ada tugasnya:(

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.